Tentang Susu Kedelai dan Manfaatnya
Kita semua tentu mengetahui bahwa susu kedelai mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Kedelai yang merupakan bahan pangan hasil pertanian bergizi tinggi ini selain terkenal sebagai bahan baku tempe, kedelai juga bisa dibuat menjadi produk minuman, yaitu susu kedelai. Pembuatan susu kedelai dapat dilakukan secara sederhana, dan tidak membutuhkan biaya yang mahal.
Berikut beberapa cara membuat susu kedelai:
  • Kita siapkan terlebih dahulu peralatan yang mau digunakan
  • Seleksilah kedelai yang baik kualitasnya, cuci dengan air bersih.
  • Kemudian direbus selama kurang lebih 15 menit, lalu direndam dengan air jernih selama 12 jam (semalam).
  • Sesudah direndam selama semalam, kedelai dicuci kembali menggunakan air bersih sambil diremas-remas agar kulit arinya terkelupas, kemudian kedelai dihancurkan sampai halus dengan penggiling (blender) sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit.
  • Kedelai yang sudah halus dicampur dengan air panas secukupnya dan diaduk sampai rata, lalu disaringdengan kain saring untuk memperoleh filtratnya.
  • Filtrat yang didapat ditambah dengan bahan kimia NaP04, gula pasir, dan perasa, lalu disaring dan dipanaskan kembali (suhu 80 derajat Celcius), namun jangan sampai mendidih. Selama pemanasan filtrat diaduk sampai rata, selain berguna untuk melarutkan gula juga mencegah agar filtrat tidak mendidih.
  • Setelah dirasa bau kedelai telah hilang dan tergantikan dengan bau perasa, itu berarti susu kedelai bisa dimasukkan ke dalam botol yang telah disterilkan sebelumnya. Kemudian botol-botol yang berisi susu ini dimasukkan ke dalam panci yang berisikan air mendidih selama 10 - 15 menit, hingga suhu dalam botol mencapai 70 - 80 derajat Celcius. Pemanasan ini berguna untuk mengeluarkan udara (exhausting), setelah itu botol ditutup rapat dengan menggunakan alat penutup botol.
  • Selanjutnya, botol dimasukkan dalam panci yang berisi air mendidih selama + 15 menit, kondisi botol harus terendam seluruhnya. Kemudian botol diangkat dan didinginkan pada suhu ruang. Susu kedelai siap diminum.
Susu Kedelai mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya :

Susu kedelai bermanfaat untuk menurunkan kolesterol
Lemak yang terkandung pada susu kedelai sebagian besar tidak jenuh dan non kolesterol. Asam lemak tidak jenuh tunggak dan tidak jenuh ganda dalam kedelai mampu untuk menghambat pengangkutan kolesterol ke dalam aliran darah. Penelitian menunjukkan bahwa asupan kedelai yang rutin secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Susu kedelai bermanfaat untuk menurunkan berat badan
Jika pada secangkir susu sapi terdapat sekitar 12 gram gula, sementara pada susu kedelai hanya 7 gram gula. Hal inilah yang menjadi dasar bahwa jumlah kalori satu cangkir susu kedelai jauh lebih sedikit dibanding dengan secangkir susu sapi. Di samping itu juga asam lemak tidak jenuh tunggal dalam susu kedelai bermanfaat untuk menghambat penyerapan lemak di usus.

Susu kedelai bermanfaat untuk mencegah kanker prostat

Susu kedelai banyak mengandung phytoestrogen, hormon tanaman yang berfungsi menghambat produksi hormon testosteron pada pria. Kadar testosteron yang berkurang secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian telah membuktikan bahwa pria yang sering mnum susu kedelai secara rutin  kecil kemungkinannya terkena kanker prostat.

Susu kedelai bermanfaat untuk mencegah osteoporosis

Fitoestrogen yang terkandung pada susu kedelai berkhasiat mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan Anda membeli susu kedelai yang mengandung vitamin D.

Susu kedelai bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung

Jumlah lemak tidak jenuh pada susu kedelai yang sedikit inilah yang sangat baik bagi kesehatan jantung.

Susu kedelai bermanfaat untuk mencegah diabetes

Diabetes Melitus disebabkan karena tubuh kekurangan Insulin; sehingga berakibat kelainan pada metabolisme karbohidrat, protein, lemak, air, dan elektrolit. Pada susu kedelai terkandung Asam Amino Glisin dan Asam Amino Arginin yang mampu menjaga keseimbangan Hormon Insulin. Sehingga susu kedelai baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Share To:

kabelantena.blog

View Profile
Terima kasih sudah berkunjung ke kabelantena, semoga bermanfaat,, aamiin..
----------------------------------

Post A Comment: