Mengatur Background dan Layer Pada Game Dengan Construct 2
Mengatur Background dan Layer Pada Game Dengan Construct 2 - Setelah beberapa waktu yang lalu posting tentang Mengatur Layouts Canvas pada Construct 2 kali ini saya akan posting tentang Layer pada software Construct 2. Tidak jauh berbeda dengan software design dan editing video lainnya seperti photoshop, adobe flash, camtasia dan lain sebagainya yang menggunakan layer untuk menyusun object sehingga mempermudah dalam melakukan pengeditan.  Fungsi layer pada Construct 2 ini juga akan mempermudah kita untuk melakukan pengeditan object, kita bisa memisahkan antara background dengan object-object yang lainnya dalam game.

Sekarang kita coba membuat background sebuah game. Background game alangkah baiknya kita buat tiled background, agar background tidak kelihatan semrawut. untuk membuat tiled background langkah yang harus dilakukan sangatlah tidak sulit, yaitu:
  • Buka project baru.
  • Lalu double click pada canvas, jika muncul kotak dialog seperti gambar di bawah, pilih tiled background.
 
tiled background
  •  Kemudian, klik open untuk memilih gambar yang akan dijadikan background.
open gambar background
  • Kemudian tutup kotak dialog insert object dengan klik tanda silang.
  • Rapikan background dengan canvas, untuk memudahkan dalam merapikan background, kecilkan tampilan layout dengan memilih menu View - lalu pilih zoom out.
 
zoom out
  • Jika background sudah rapi, sebaiknya background kita kunci agar dalam pengeditan object game lainya, background tidak ikut terseleksi.
Pada software construct 2 ini menggunakan layer, inilah yang akan kita gunakan untuk memisahkan antara background dengan object game lainnya. Dengan mengunci background dan membuat layer baru kita akan memisahkan object game dengan background, berikut langkahnya:
  • Pada menu View conteng Layer Bar
  • Sebelum membuat layer baru,untuk memudahkan kita mengetahui mana layer background dan mana objek game, kita ganti dulu nama layer untuk background dengan klik kanan pada nama layer lalu pilih rename.
 
Mengatur Background dan Layer Pada Game Dengan Construct 2
  • Jika sudah diganti namanya, kemudian untuk mengunci layer background, yaitu pada properties layernya, kita ubah pilihan Locked dan Parallax Editor menjadi Yes.
 
Mengatur Background dan Layer Pada Game Dengan Construct 2
  • Untuk membuat layer baru, kita tinggal tekan tanda plus pada menu layer yang ada di sebelah kanan tampilan construct 2, atau seperti kita mau mengubah nama layer, kita klik kanan dan pilih add layer at top atau at bottom.

-------------------------------------
Baca Juga Tutorial Construct 2 Lainnya:
Share To:

kabelantena.blog

View Profile
Terima kasih sudah berkunjung ke kabelantena, semoga bermanfaat,, aamiin..
----------------------------------

Post A Comment: