Setelah beberapa waktu lalu kabelantena posting tentang Belajar Menulis Materi Untuk Stand Up Comedy , kali ini kabelantena mau berbagi beberapa contoh skrip yang udah jadi yang kabelantena kumpulkan dari berbagai situs.

Materi Stand Up Comedy - Tema : TENTANG GUE

Setelah beberapa waktu lalu kabelantena posting tentang Belajar Menulis Materi Untuk Stand Up Comedy , kali ini kabelantena mau berbagi beberapa contoh skrip yang udah jadi yang kabelantena kumpulkan dari berbagai situs.

=STAND UP COMEDY=
TEMA: tentang gue(ilham cabak)

Nama gue irham (ganti nama lo) tapi lebih akrab dipanggil rahim, gue anak keempat dari 2 bersaudara, kenapa?, karena ketiga kakak gue sudah meninggal.
gue anak pejabat (kalo gak percaya ya udah), Tapi jujur gw anak pejabat bokap gw kaya,
bahkan saking kayanya bokap gw ketika dia gajian dia bru ngitung udah gajian lagi. udah gak usah heran, pada biasa aja dong mukanya..



Selain itu juga karena gw anak orang kaya, kmarin-kemarin gw dimarahin bokap gw gara-gara seminggu gak ganti HP. habis itu gw trauma gak napsu makan selama satu jam terhitung dari jarak pas gw makan sebelumnya. Terus kalo gw beli HP selalu Update, ini HP yang gw pakek sekarang baru keluaran kemarin sore, kalo ga percaya boleh di pegang masih anget ini.
Terus selain itu gw Hoby sepak bola.,
pernah gw dinobatkan sebagai
pemain muda berbakat di RT gw.
gw pernah juga menjadi pemain
terbaik.
''di RT gw juga''.
Bahkan saking berbakatnya gw
sampai-sampai....
eh, kalian tau Cristiano Ronaldo kan..??
yup pemain timnas portugal itu..
oke gw ulangin,. Bahkan saking
berbakatnya gw, sampai-sampai
si ronaldo itu dijuluki ''ilham-
nya Argentina''.

Mungkin bakat sepak bola gw ini
keturunan dari bokap gw yang
seorang Legenda '
'Legenda Penonton sepakbola''.

Walaupun gw anak orang kaya
tampang agak mumpuni kayak
gini. gw pas SD dan SMP dulu
cupu tidak punya teman apalagi
pacar, bahkan kalo gw lewat di
jalan umum mendung dan mau
hujan, hujannya balik lagi ke
atas (gak percaya ya udah).
Setelah itu gw SMA, gw
memutuskan untuk jadi Playboy,
pernah gw nembak 4 Cewek
sekaligus hanya satu yang nolak
gw, yang 3 ga nolak cuma
langsung pindah skolahan.
sob,. gw Playboy ga mau yg ecek2,
gw playboy khusus dibidang
PDKT.
gw sukses dalam bidang Playboy
ini, saking suksesnya gw jadi
Playboy pernah gw deketin cewek
belum jadian udah gw putusin.
udah mukanya pada biasa aja
kagak usah heran gitu.., nasib jadi
orang ganteng kaya gw emang
kaya gini.,
Jadi gw dalam urusan
percintaan gw punya rekor yang
bagus, dalam 13x nembak cewek
hanya 2x ditolak sisanya tidak
ditanggapi, 4x digampar 6x
diludahi, dan Rekor gw yang
membuat orang berdecak kagum
adalah 12x hampir dikroyok masa.
gw lahir di jogja, kota wisata &
pelajar.
Mungkin orang2 taunya jogja itu
cuma wisata & pelajar saja,
padahal kalo kalian ke jogja iya
emang beneran cuma adanya itu.
Tapi gw Cinta jogja, jogja itu
udah banyak lampu merahnya, tpi
gw sebenernya ga suka ada
lampu merah, karena lampu
merah itu tempatnya orang
katrok, kayak ga pernah liat
lampu merah, tiap ada lampu
merah mereka berhenti, diliatin
trus pas udah mati mereka jalan,
Norak banget kan...?
Selain itu jogja juga ada stasiun,
gw suka dengan Kereta api di
jogja, soalnya keretanya hebat-
hebat, saking hebatnya kereta api
jogja, palang pintu kereta api aja
ditrobos.
gw lahir tanggal 25 maret 1992
dan umur gw sekrang 21 tahun,
slama 21 tahun gw ga pernah
ngerayain ultah, soalnya bagi gw
ngerayain Ultah itu pekerjaan
mubazir, tau sendiri kan mubazir
itu pkerjaan setan ?? Trus kalo
pekerjaan setan dikerjain, ntar
setan mau kerja apa ??
Kenapa dikatakan mubazir,..?
soalnya pas ultah ada kue-kue
dan diatasnya ada lilin, lilin
yang udah tau mau ditiup mau
dimatiin ngapain masih
dinyalain ?? Bego'nya lagi yang
ngeliatin pada tepuk tangan.
suka heran gw..??
gw alumni SMA Negeri 1
yogyakarta, salah satu sekolah
ternama di jogja.
Bicara soal di skolah, di skolah
gw belajar arti kesabaran setiap
hari, sekolahan gw masuk jam 7,
teman2 jam setengah 7 buru-buru
berangkat, tapi gw sabar ga
terburu-buru, paling jam 8 baru
berangkat, tapi anehnya gurunya
yang ga sabar, gw sering dimarahi
katanya itu namanya telat bukan
sabar.
Karena gw trauma dimarahin
guru gara2 sering masuk telat, gw
yang memegang prinsip "Tidak
akan melakukan kesalahan yang
sama dua kali"
Maka jika gw berangkatnya
telat, maka pulangnya gw ga
mau telat lagi, jadi teman-
teman belum pulang gw pulang
duluan.
pinter kan gw...??

Tapi meskipun gw nakal,
bukannya sombong bukan
congkak , gw orangnya Pintar,
karena gw sadar "Belajar itu
Wajib, mencontek itu Khilaf"
Terbukti nilai raport gw ga
pernah ada nilai 5 dan 6, pling
tidak nilainya 4 atau 3.
Bahkan kalo gw ulangan, gw
selalu dapat nilai 10, tapi gw ga
pernah sombong ga parnah
bangga, soalnya temen-temen gw
banyak yang dapat seratus.
Sekian Bio gw, gw ga bisa Ceritain
panjang-panjang,, soalnya malu
tulisan gw jelek, takut ga bisa
dibaca. selain itu juga capek
ngetiknya,.
gw Ilham Cabak cowok
ganteng tanpa pinish edisi
terakhir sekian dan terima kost
putri,. eh terima kasih
maksudnya..
-------------------------------------------------------------------------

Yang cari bahan referensi dan naskah materi stand up comedy untuk open mic, siap-siap kecewa. Karena yang nulis sendiri belum pernah tampil melucu di atas panggung. Kalo di atas pohon sih sering, hahaha....

Halo,
Kenalin... nama saya Gondes. Singkatan dari gondrong ndeso.
Sudah tahu ya? (menunggu audiens koor: “Huuu....”) Ya, udah... kalo gitu saya pamit...

Biarpun ndeso, saya adalah mantan murid yang dulu juga pernah duduk di bangku sekolah. Sayang sekali, bangkunya  digerogoti rayap. Terpaksa saya duduknya lesehan.

Tapi maaf, saya tak mau dibilang pernah makan sekolahan. Karena saya bukan rayap. Hanya mirip aja...

Ini serius... Waktu saya sekolah dulu sistem pendidikannya lain. Dulu nggak ada yang namanya uang gedung... uang bangku... uang pangkal... dan uang lainnya kayak sekarang. Ada juga uang tikar dan uang gopek gambar monyet. (Diam sejenak, kasih kesempatan beberapa penonton ketawa. Poin yang kadang terlupa oleh comic saat pentas stand up comedy)
Tuh, mbahnya (monyet) pada ketawa.

Itu sebabnya banyak kursi di kelas yang rusak. Terpaksa diganti tikar. Dan kalo udah duduk di atas tikar tuh, bulu kuduk jadi merinding semua. Beneran. Soalnya, tikarnya itu bekas dipakai buat alas orang meninggal alias mayat! Hii... serem!!

Tapi murid-murid jaman dulu tuh punya sopan santun dan rasa hormat pada guru serta kreatif banget. Misalnya nih, pas gurunya datang. Para murid berebut membawakan tasnya. Tentu saja sambil ngintip bocoran soal ujian di dalamnya...

Kalo murid jaman alay mah beda. Liat gurunya datang bawa tas besar, bukannya bantuin malah diketawain sambil bisik-bisik, “tuh, si b0t4kg4L4kcll lagi bawa kompor gas. Cepetan panggil pemadam kebakaran.”
Itu kan kurang ajar bingits namanya? Pake nyindir Indro Warkop lagi...

Contoh lainnya nih. Jaman dulu, bu guru cerewet dan galak itu ditakuti murid. Sekarang, bu guru cerewet dan galak itu... ditakuti suaminya.

Iya. Ortu jaman dulu tak bakalan nuntut kalo misalnya anaknya dipukul pake penggaris karena nakal atau tak ngerjain Pe-eR. Mereka sadar, guru tak mungkin mukul muridnya sendiri jika tak berbuat kesalahan alias terpaksa. Si murid juga tak bakalan berani mengulangi kesalahannya kembali. Kecuali... terpaksa!!

Jaman masa kini? Jangankan dipukul pake penggaris, dipelototin dikit aja langsung lapor ke komnas perlindungan anak. Katanya yang diancamlah... Yang melakukan perbuatan tidak menyenangkanlah... Udah gitu, pake ngundang wartawan lagi. Kan kasihan para guru yang matanya belok.

Tapi emang tak bisa dibandingin masa dulu ama masa sekarang. Pola pendidikan kan juga harus ngikutin perkembangan jaman. Tak mungkinlah di era internetisasi ini kita stagnant kayak jaman dulu. Misalnya nih, pas pelajaran biologi. Guru bio ngasih tugas, besok harus bawa contoh tanaman obat. Saya dulu nyari temulawak, kunyit, lengkuas di kebon atau sawah.Beda ama sekarang. Disuruh bawa tanaman obat, nyarinya di apotek.

Ya, emang bener sih. Di apotek emang banyak tanaman obat, tapi dalam bentuk ekstrak kapsul.

Yang paling lucu tuh, ponakan saya. Waktu teman-temannya sibuk nyari kunyit buat tugas praktek di sekolah, dia malah asik internetan. Waktu saya tanya, kenapa tak nyari bareng teman-teman? Dia jawab, “Ini juga lagi nyari, Om. Di Google...”

Ngomong soal Google, saya ingat materi stand up comedy tentang pendidikan paling ngaco yang pernah saya baca. Kalau tak salah judulnya... (pura-pura mikir gaya Cak Lontong). Sudahlah saya lupa. Nanti aja saya tanyain lagi ke Mbah Google... (ini disebut bomb. Istilah dalam stand up comedy yang gagal bikin penonton tertawa karena ngeblank saat open mic. Kalo berhasil bikin penonton kasih standing applaus, itu namanya kill.)

Oya saya ingat. Judulnya Semar vs Google. Kata si penulis naskah stand up comedy yang ditulis dalam bahasa Jawa, pendidikan di Indonesia itu udah didikte oleh Google. Katanya, guru jaman sekarang malas untuk baca buku modul materi pembelajaran yang dikasih oleh diknas. Mereka lebih suka nyari bahan materi di Google. Alasannya lebih simpel dan cepat. Kita tinggal ketik keyword, materi yang diinginkan langsung keluar semua. Termasuk juga foto narsis beserta status teman-temannya...

Makanya kalau ada bu guru yang ngajar di kelas bawa laptop, muridnya harus curiga. Jangan-jangan lagi buka facebook. Untuk mengetahui gurunya lagi baca status apa, mudah kok. Perhatikan aja cara dia nerangin mata pelajaran. Jika penuh semangat, berarti baru aja baca statusnya Mario Teguh. Jika mukanya sedih, artinya dia baca status galau. Kalau sambil marah-marah, berarti lagi dapet....

Para murid juga gitu. Mereka kurang jelas jika diterangin oleh gurunya. Mereka lebih jelas jika diterangin oleh lampu...

Oke guys, saya Gondes...
Terima kasih dan sampai jumpa pada materi stand up comedy dengan tema lain yang lebih garing lagi...

Catatan: Dalam stand up comedy, banyak faktor yang mempengaruhi lucu tidaknya seorang comic. Yang paling penting adalah gaya dan cara penyampaian si komika itu sendiri yang meliputi: rasa percaya diri, intonasi suara, tempo, body language, penguasaan panggung dll.

----------------------------------------------------------------
Oke, selamat siang semua! Nama gue Christian Dwi Wijaya, biasa dipanggil Christian dan ini pertama kalinya gue stand up di depan banyak orang, kenapa? karena sebelumnya yang nonton gue stand up cuma 3 orang, itu juga bokap dan nyokap gue. Dan satu lagi siapa? satu lagi adalah penonton 4L4Y bayaran. Ya maklum aja gue orangnya emang gak lucu, jadi kalo gw nge-lucu (padahal gak lucu) kalian ketawa-ketawa aja biar keliatan lucu gitu.

Berhubung ini masih suasana Valentine, kali ini gua mau ngebahas soal "CINTA". Siapa sih yang tak kenal sama cinta? Cinta itu kayak angkot, banyak yang lewat tapi belum tentu kita mau. Oke ngomongin soal cinta, pasti kalian udah familiar cerita cinta di sinetron, misalnya gua ambil contoh sinetron "Putri yang diputar" (Sensor) biasanya di sinetron tuh ada 3 fase: "Ketemu > Berantem > Jatuh Cinta" tapi di dunia nyata begini: Ketemu > Berantem > Pukul-pukulan > Bunuh-bunuhan > Belum jatuh cinta udah ada yang meninggal

Oke oke, disini ada yang jomblo? (sambil nunjuk-nunjuk) sama gue juga! Jujur aja gue bangga sebagai seorang jomblo, kenapa? karena gw jauh dari maksiat, kesombongan, dan jauh dari penyakit kanker alias "Kantong Kering". Jomblo itu gak takut sama malem jumat, tapi takut sama malem minggu, malem minggu itu ibarat "Halloween" bagi gue! Tapi kalo malem minggu ada yang putus, itulah "Valentine" buat gue. Jadi disini yang pacaran dan ingin membahagiakan para jomblo? PUTUS SEKARANG JUGA!!!

Kadang-kadang gue sebagai jomblo suka jengkel liat orang pacaran, tiap pagi selalu ada yang ngucapin "SELAMAT PAGI". Emangnya gue gak bisa apa? Asal kalian tau aja, tiap pagi gue selalu ke "INDROMART" (Sensor) kenapa? biar ada yang ngucapin "SELAMAT PAGI"

Begini, gua jomblo bukan tanpa alasan bro! Gue paling gak suka sama orang pacaran, dari pertama kali nembak aja udah aneh-aneh, ada yang bikin spanduk/pamflet di jalan raya. Lu mau nembak atau demo? Lanjut sampai fase pacaran (Kalo diterima ya), biasanya cowok jadi 'tukang ojek' pribadi ceweknya, pasti cowoknya sering antar jemput ceweknya. Itu udah basi banget, gak ada sensasinya! Kita modif sedikit: Antar aja gak usah dijemput, atau Dijemput aja gak usah diantar, atau juga datang tak dijemput pulang tak diantar.

Belum lagi kalo anak 4L4Y dunia maya pacaran, kalo lagi berantem langsung buru-buru ganti status di Facebook jadi "SINGLE". Kenapa gak sekalian aja kalo berantem sama orang tua ganti jadi "YATIM"

#Tambahan
Gue ada tips nih buat kalian yang udah pacaran, terutama cowok-cowok! Jangan pernah bikin cewek nangis, air mata cewek itu mahal harganya! Karena kalo cewek nangis maskaranya luntur, bedaknya luntur, dan kita akan diminta tanggungg jawab untuk menggantinya.

Sekian Terima Kasih...

Share To:

kabelantena.blog

View Profile
Terima kasih sudah berkunjung ke kabelantena, semoga bermanfaat,, aamiin..
----------------------------------

Post A Comment: