Cara mengatasi gigi bolong yang sering disarankan oleh dokter gigi yaitu dengan melakukan perawatan syaraf gigi, pemasangan mahkota gigi, dan pemasangan implant gigi dan biasanya dilakukan secara bertahap, akan tetapi Anda berhak langsung memilih solusi yang ketiga, yaitu memasang implant gigi.

3 Cara Mengatasi Gigi Bolong
Cara mengatasi gigi bolong yang sering disarankan oleh dokter gigi yaitu dengan melakukan perawatan syaraf gigi, pemasangan mahkota gigi, dan pemasangan implant gigi dan biasanya dilakukan secara bertahap, akan tetapi Anda berhak langsung memilih solusi yang ketiga, yaitu memasang implant gigi.

Saat anda mengalami sakit gigi dan memberanikan diri untuk ke dokter gigi, biasanya dokter gigi akan memeriksa terlebih dahulu kondisi gigi anda. Jika masih dapat dipertahankan, maka dokter akan melakukan perawatan gigi yang sakit. Jika gigi yang sakit tersebut ternyata sudah berlubang, dokter gigi akan menyarankan untuk perawatan saluran akar gigi. Untuk menghilangkan rasa sakit, maka syarat gigi akan dimatikan terlebih dahulu.

Setelah dimatikan, gigi tidak akan lagi terasa sakit sebab dokter telah mengangkat jaringan pulpa yang mengalami radang atau infeksi. Jaringan pulpa terdiri dari pembuluh darah dan syaraf yang menyuplai nutrisi dari makanan yang kita konsumsi setiap hari dan sangat sensitif terhadap kondisi gigi yang kita rasakan. Jadi, ketika jaringan pulpa diangkat, maka gigi kita tidak akan mendapat nutrisi dan mati.

Setelah perawatan gigi tersebut, pasien akan disarankan untuk dipasangkan gigi palsu porcelain atau crown porcelain, baik itu yang berlapis zirconia atau yang berlapis dasar logam yang di atasnya dilapisi oleh porcelain yang warnanya serupa dengan warna gigi asli. Jika kondisi gigi tersebut sudah tidak dapat dipertahankan lagi, maka gigi harus dicabut. Terdapat 3 pilihan untuk mengatasi gigi berlubang dan sakit.

Perawatan Syaraf Gigi

Cara pertama untuk mengatasi gigi bolong yaitu biasanya syarafnya dimatikan terlebih dahulu atau dikenal dengan perawatan syaraf gigi. Tujuan perawatan ini adalah untuk menghilangkan rasa sakit. Perawatan gigi dilakukan secara rutin dan membutuhkan waktu sekitar 3-4 minggu atau jika dibutuhkan perawatan harus dilakukan sekitar 3-4 kali perawatan ke dokter gigi, kemudian ditambal permanen dengan menggunakan tambalan komposit.

Keuntungan perawatan syaraf gigi adalah menghilangnya rasa sakit gigi dan gigi kembali dapat digunakan untuk mengunyah seperti gigi-gigi sehat lainnya. Yang perlu diperhatikan, kebersihan gigi yang telah dimatikan syarafnya harus sangat dijaga sebab gigi yang telah dirawat tersebut lama kelamaan akan berwarna kecoklatan bahkan menghitam karena tidak mendapatkan nutrisi. Dan yang lebih parah lagi, gigi mati yang tidak mendapatkan asupan nutrisi tersebut lambat laun akan pecah sedikit demi sedikit.

Pemasangan Gigi Palsu

Cara kedua untuk mengatasi gigi bolong yaitu dengan melakukan pemasangan mahkota gigi atau crown yang terbuat dari porcelain. Dari sisi penampilan, porcelain lebih mirip dengan gigi asli daripada dengan gigi palsu yang dibuat dari bahan komposit. Sebab porcelain tidak dapat berubah warna meskipun digunakan selama puluhan tahun, sedangkan bahan komposit akan berubah warna dalam beberapa tahun pemakaian.

Pemasangan Implant Gigi

Cara ketiga untuk mengatasi gigi bolong yaitu dengan melakukan pemasangan implant gigi, hal ini dilakukan jika gigi sudah tidak bisa dirawat lagi, maka jalan satu-satunya adalah dengan dicabut. Akan tetapi gusi akan menjadi turun dan mengempis jika bekas gigi tersebut tidak segera diisi dengan gigi palsu. Umumnya dokter gigi akan menyarankan kepada pasien untuk memasang implant gigi untuk menjaga kondisi dan kesehatan gigi dan jaringan-jaringan yang ada di dalam rongga mulut dan juga jaringan di sekitar rongga mulut.

Pemasangan implant gigi membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada perawatan gigi mati. Namun, keuntungan dalam pemakaian implant juga sangat besar dan sebanding dengan harga yang dikeluarkan pada saat pemasangan implant. Dan yang pasti, murah atau mahal itu sangat relatif. Lebih baik mengeluarkan biaya daripada tidak hidup dengan sakit gigi selama bertahun-tahun bukan?

Beberapa keuntungan pemasangan implant gigi:
  • Titanium yang ditanam pada tulang gusi pasien tidak akan patah karena titanium adalah bahan yang sangat kuat dan cepat menyatu dengan tulang yang ditanam pada gusi
  • Fungsi titanium yang ditanam pada tulang gusi tersebut seperti tulang pada gigi asli
  • Implant gigi merupakan salah satu produk gigi palsu dengan kualitas paling baik daripada gigi palsu lainnya
  • Implant gigi dapat bertahan selama puluhan tahun. Jika pasien yang memasang implant gigi tersebut dapat menjaga kesehatan mulut dan giginya, implant gigi tersebut dapat bertahan selama mungkin karena fungsi dari implant gigi seperti gigi asli
  • Di atas implant gigi dipasangkan gigi palsu yang terbuat dari porcelain, porcelain merupakan gigi palsu yang kuat dan penampilannya paling bagus
  • Gigi palsu porcelain sangat mirip seperti gigi asli. Sehingga cocok digunakan untuk orang tua ataupun remaja. Gigi yang awalnya kurang bagus bisa diperbagus dengan pemasangan gigi jenis ini.
  • Implant gigi tidak hanya untuk orang tua, tapi juga bisa ditanamkan pada remaja yang giginya sudah ompong.
Demikian 3 Cara Mengatasi gigi bolong, semoga bermanfaat.

Share To:

kabelantena.blog

View Profile
Terima kasih sudah berkunjung ke kabelantena, semoga bermanfaat,, aamiin..
----------------------------------

Post A Comment: