Kita ambil contoh, misalkan kita akan membuat game dengan sistem point, jika mobil berhasil menabrak bola, maka akan mendapat point 1, dan pada level satu pemain harus mencari bola sebanyak 5, dan jika point sudah terkumpul 5 point maka misi level satu selesai, lanjut pada level berikutnya, misalkan lho ya,, untuk jenis game itu terserah kreatifitas anda nanti. Ok deh, mari kita coba buat layout untuk level satu, dan dua, untuk pembuatannya anda bisa baca pada Cara Menghubungkan Beberapa Layout Pada Game Untuk Next Level.
Construct 2 | Cara Membuat Sistem Point Untuk Game - Jika kemarin Kabelantena sudah membahas tentang Cara Menghubungkan Beberapa Layout Pada Game Untuk Next Level, maka kali ini kita akan membahas sistem pointnya. Sebelum kita melangkah pada cara membuat sistem pointnya kita coba buat contoh analisis game yang akan kita buat untuk tutorial Cara Membuat Sistem Point Untuk Game ini.
Kita ambil contoh, misalkan kita akan membuat game dengan sistem point, jika mobil berhasil menabrak bola, maka akan mendapat point 1, dan pada level satu pemain harus mencari bola sebanyak 5, dan jika point sudah terkumpul 5 point maka misi level satu selesai, lanjut pada level berikutnya, misalkan lho ya,, untuk jenis game itu terserah kreatifitas anda nanti.
Ok deh, mari kita coba buat layout untuk level satu, dan dua, untuk pembuatannya anda bisa baca pada Cara Menghubungkan Beberapa Layout Pada Game Untuk Next Level.
Jika Canvas sudah siap maka kita perlu menambahkan global variabel untuk Jumlah Point, bagi yang masih bingung tentang apa itu variabel, kita buat tafsiran bebas saja bahwa variabel adalah keranjang, jadi kita buat keranjang untuk menampung point. Untuk membuat global variabel, anda bisa menambahkan melalui event sheet pada level 1 lalu klik kanan, Add global variable.
Jika variabel point sudah dibuat, kita berikan pada canvas level satu text untuk menampilkan jumlah point yang diambil dari variabel tersebut. Klik kanan pada canvas, lalu pilih Insert new object, lalu pilih text, seperti pada gambar di bawah ini.
Untuk menampilkan point dengan menggunakan text kita memerlukan dua object, keduanya dari object text, yang satu kita beri tulisan untuk keterangan jumlah point, object text yang satunya lagi untuk menampilkan point yang nantinya kita ambil nilai point tersebut dari variable jumlahpoint yang telah kita buat tadi. Untuk lebih mudah mengingatnya kita beri nama point untuk object text yang untuk menampilkan textpoint, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah.
Jika sudah siap object textnya, langkah selanjutnya adalah menghubungkan object text dengan variable, sehingga pada saat layout level satu selesai loading, maka textpoint akan menampilkan jumlah point sekarang. Untuk menghubungkannya bisa melalui event sheet level satu, add event, pilih system, lalu pada kotak dialog Add event pilih On loader layout complete.
Jika event sudah ditambahkan, yaitu jika layout level satu complete loadingnya, maka kita tambahkan aksinya, kita klik add action lalu pilih textpoint
Sampai disini, jumlah point sudah bisa tampil pada level satu, untuk mencobanya bisa anda run. Dan untuk langkah selanjutnya yaitu menambahkan object untuk menambahkan jumlah point, seperti pada rencana awal, di mana contoh game ini, point akan bertambah jika mobil menemukan bola atau menabrak bola tersebut maka akan bertambah point 1 untuk satu bola.
Pada contoh sekarang ini menggunakan mobil dan bola, anda bisa menggantinya sesuai kreatifitas anda. untuk objek mobil dan bola menggunakan gambar dengan format JPG. Seperti halnya menambahkan objek text, langkah menambahkan objek mobil dengan melakukan klik kanan pada canvas level satu, tapi berhubung kita akan memasukkan objek dengan tipe JPG maka kita memilih sprite , lalu open dan cari objek yang akan kita masukkan.
Jika sudah dimasukkan objeknya ke canvas, maka langkah selanjutnya yaitu memberikan behaviour tiap objeknya, behaviour atau perilaku ini diberikan untuk memberikan karakter pada objek, misalkan mobil nanti akan diberi behaviour solid yang maksudnya jika bertemu dengan objek lain maka akan saling berbenturan tidak lewat begitu saja, begitu juga dengan bola akan diberikan behaviour solid agar nanti bisa saling berbentur, untuk lebih jelasnya tentang perilaku solid anda bisa membedakan jika kedua objek belum diberi behaviour solid lalu ditabrakkan maka mereka hanya lewat saja.
Langkah berikutnya tinggal kita tambahkan event dan action-nya, yaitu jika mobil berbenturan dengan objek lainya dalam hal ini mobil bersinggungan dengan bola, maka variable jumlahpoint akan bertambah nilai 1.
sekarang kita buat eventnya dulu.
Jika sudah membuat event langkah selanjutnya membuat action, yaitu jumlahpoint bertambah 1, bola hilang dari layout.
Tambahkan juga untuk bola destroy, set textpoint ke jumlahpoint sehingga event akan tampak seperti gambar di bawah ini.
Jika anda ingin langsung redirect ke level 2 saat point berjumlah 5, maka anda harus buat global variable satu lagi, yaitu sebagai ukuran atau perbandingan, sehingga buat event dan action satu lagi, yaitu jika variable jumlahpoint sama dengan variable pembanding, maka action adalah goto layout level 2.
Sekian dulu postingan Cara Membuat Sistem Point Untuk Game ini semoga bermanfaat.
Post A Comment: