Setelah Posting tentang Startpage pada Software Construct 2, pada postingan tersebut dijelaskan bahwa fungsi software Construct 2 ini untuk membuat aplikasi game yang bisa dijalankan pada platform android, facebook dan lainnya. Setelah kita masuk pada tampilan startpage, kemudian untuk memulai pembuatan game kita dapat mengatur Layouts Canvas, seperti gambar di bawah, kita bisa mengatur Layout canvas melalui layouts properties.

Mengatur Layouts Canvas pada Construct 2
layout properties
Seperti yang terlihat pada gambar di atas, pada layout properties terdapat beberapa baris dan kolom. untuk mengaktifkan menu layout propertis ini, kita terlebih dahulu memilih toolbar layout yang akan kita atur, kalau pada gambar di atas kita menggunakan nama layout 1.

Name
Pada Baris Name kita bisa isi nama layout canvas kita, jika game yang akan kita buat terdiri dari berbagai level, kita bisa menamakan layout canvas kali ini dengan nama level 1, atau bisa kita ganti dengan start game, jika akan ada tampilan awal untuk game.

Event sheet
Pada baris Event sheet ini kita kasih nama event sheet yang akan kita jadikan tempat menaruh perintah untuk perilaku game pada layout canvas yang sekarang kita sedang atur propertinya.

Layout Size
Pada baris Layout Size kita bisa mengatur lebar dan tinggi canvas yang akan kita gunakan untuk aksi game pada layout canvas yang sekarang sedang kita atur propertinya, layout size yang kita atur akan berpengaruh pada latar yang defaultnya berwarna putih.

Margin
Pada baris Margin kita akan mengatur margin pada canvas, dengan mengaturnya maka kita akan merubah lebar dan tinggi garis yang terdapat pada canvas, untuk lebih jelasnya perbedaan layout size dan margin bisa dilihat pada gambar di bawah.
Mengatur Layouts Canvas pada Construct 2
Garis titik-titik yang diberi tanda hijau itu merupakan lebar margin secara default.

Untuk menambahkan atau menghapus layout, kita bisa  menggunakan kolom project yang berada di sebelah kanan. kita pilih layout lalu klik kanan, pilih add layouts, seperti gambar di bawah ini.
Mengatur Layouts Canvas pada Construct 2

-----------------------------------
Baca Juga Tutorial Construct 2 Lainnya:
Share To:

kabelantena.blog

View Profile
Terima kasih sudah berkunjung ke kabelantena, semoga bermanfaat,, aamiin..
----------------------------------

Post A Comment: