Tokek merupakan hewan yang masih berkeluarga dengan cicak, entah tokek itu paman dari cicak atau apa cicak tak pernah menjelaskan semuanya, namun hal yang keduanya biasa lakukan yaitu mereka akan memutuskan ekornya jika berada dalam bahaya dengan tujuan untuk mengelabuhi pemangsa. Tokek biasanya bersarang di pohon-pohon, di bangunan-bangunan tua dan di rumah-rumah. Suara yang dikeluarkan hewan ini berbunyi "tokek", suara inilah yang menginspirasi panggilannya sehingga sering dipanggil dengan sebutan tokek.

7  Cara Mengusir Tokek Dari Rumah
Tokek merupakan hewan yang masih berkeluarga dengan cicak, entah tokek itu paman dari cicak atau apa cicak tak pernah menjelaskan semuanya, namun hal yang keduanya biasa lakukan yaitu mereka akan memutuskan ekornya jika berada dalam bahaya dengan tujuan untuk mengelabuhi pemangsa. Tokek biasanya bersarang di pohon-pohon, di bangunan-bangunan tua dan di rumah-rumah. Suara yang dikeluarkan hewan ini berbunyi "tokek", suara inilah yang menginspirasi panggilannya sehingga sering dipanggil dengan sebutan tokek.
Tokek bisa dijual dan harganya pun cukup fantastis tetapi tergantung dari berat dan kriterianya. Tapi bagi sebagian orang yang di rumahnya didiami tokek akan sangat terganggu. Karena setiap malam biasanya tokek ini akan berbunyi dan tentunya akan mengganggu waktu istirahat kita. Nah jaman dahulu orang-orang biasanya akan menyahut suara tokek dengan menyebutkan bumbu-bumbu dapur semisal cabai, terasi bawang dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar si tokek tidak bersuara lagi.

Nah, untuk anda yang tidak suka dengan keberadaan tokek dirumah. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips atau cara yang dapat anda lakukan untuk mengusir tokek, simak caranya berikut ini.

#1 Menggunakan bulu merak

Walaupun terdengar aneh, namun anda perlu untuk mencobanya. Anda dapat menempelkan atau menggantungkan hiasan dari bahan bulu merak pada dinding rumah anda, menurut dari salah satu sumber terpercaya yang mengutip bahwa bulu merak ini sangat ditakuti oleh tokek, cicak dan juga sebangsanya. Namun saya pun masih belum mengetahui secara pasti apa alasannya, namun tentunya cara tersebut dapat anda coba dan lihat hasilnya.

#2 Menggunakan Air Merica


Cara ini terbilang mudah dan sederhana ketimbang dengan cara diatas, anda dapat mencampur merica bubuk dengan air dan masukan kedalam alat penyemprot. Setelah itu, semprotkan air merica tersebut pada sarang atau lokasi yang sering dijadikan sebagai tempat untuk bersembunyi. Maka tokek pun akan pergi dan menghindari area yang telah anda beri semprotan air merica.

#3 Menggunakan bawang merah

Seperti hal nya dengan menggunakan merica, bawang putih pun cukup ampuh dalam mengusir tokek dirumah anda, karena bawang merah ini memiliki aroma yang sangat menyengat dan dapat membuat tokek atau cicak merasa perih dan memilih untuk meninggalkan lokasi yang telah anda letakan bawang merah. Caranya yaitu dengan mengiris bawang merah, lalu letakan pada lokasi yang biasa dijadikan sebagai tempat berkumpul atau bersarang tokek. Selain dengan menggunakan bawang merah, anda juga dapat menggunakan bawang putih yang tidak kalah ampuh untuk membuat tokek tidak betah berada dirumah.

#4 Menggunakan cangkang telur


Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan beberapa para ahli menjelaskan bahwa cangkang telur ini mampu menggertak tokek atau sebangsanya secara psikologis. Hal ini dikarenakan cangkang telur dapat membuat kadal atau tokek berasumsi jika terdapat organism lain di daerah tersebut, sehingga tokek pun akan memilih untuk meninggalkan daerah tersebut. Anda dapat melakukan cara ini dengan menyebarkan cangkang telur tersebut diatas langit-langit atau ditempat tokek bersarang, jangan lupa untuk mengganti canggkang telur setiap 2 minggu sekali dengan yang baru.

#5 Manggunakan kapur barus

Pada umumnya kapur barus ini sering kali kita gunakan untuk melindungi pakaian dari kutu dan juga tikus kecil yang sering merusak pakaian kita. Namun ternyata kapur barus ini juga sangat ampuh dan efektif untuk mengusir tokek ataupun cicak yang sering muncul pada dinding rumah. Caranya yaitu dengan menggantungkan kapur barus pada sisi langit-langit atau belakang lemari yang biasa dijadikan tempat untuk bersembunyi tokek, karena kapur barus ini memiliki aroma yang sangat menyengat dan tidak disukai oleh tokek ataupun sebangsanya.
 

#6 Menggunakan AC

Jika cara-cara diatas masih saja tidak membuat para tokek kapok dan pergi, maka anda dapat memasang alat pendingin ruangan/AC. Hal ini dikarenakan tokek dan sebangsanya merupakan jenis reptile yang suka berada ditempat-tempat yang bersuhu hangat atau panas, sehingga dengan menggunakan AC ini dapat membuat suhu pada ruangan menjadi menurun dan pastinya tokek pun tidak akan betah berlama-lama dalam suhu ruangan yang rendah.

#7 Menjaga kebersihan rumah

Serangga-serangga kecil merupakan jenis makanan favorit tokek, sehingga dengan anda selalu menjaga kebersihan rumah maka serangga dirumah pun akan berkurang dan membuat tokek menjadi tidak betah dan memilih tempat lain yang banyak serangga-serangga yang dapat mereka makan. Anda wajib melakukan cara ini, karena selain bebas dari serangga dan tokek, anda pun akan merasa lebih nyaman berada di dalam rumah yang bersih dan terawat.

Nah, itulah beberapa cara mengusir tokek yang cukup ampuh dan banyak orang yang telah membuktikannya. Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda semua.

Selamat mencoba dan semoga berhasil…

Share To:

kabelantena.blog

View Profile
Terima kasih sudah berkunjung ke kabelantena, semoga bermanfaat,, aamiin..
----------------------------------

Post A Comment: