Lalu, bagaimana sih cara membuat drone?. Mungkin pertama yang harus dimengerti adalah, Apa saja komponen yang dibutuhkan untuk bisa membuat sebuah quadcopter yang bisa terbang dan merekam video?.

Cara Membuat Sendiri Drone Quadcopter Dengan Beberapa Komponen
Drone semakin banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Memang banyak sekali manfaat yang bisa diambil ketika memiliki drone. Dengan drone anda bisa mengambil video dari atas dan tentunya akan menambah nilai seni serta keindahan tersendiri.
Lalu, bagaimana sih cara membuat drone?. Sebagai pengobat rasa penasaran saya pun mencoba mencari tahu cara membuat drone sendiri dan sekaligus menambah pengetahuan.

Mungkin pertama yang harus dimengerti adalah, Apa saja komponen yang dibutuhkan untuk bisa membuat sebuah quadcopter yang bisa terbang dan merekam video?. Berapa harga komponen merakit video drone quadcopter?.

  • [message]
    • Tabel Materi Cara Membuat Drone
      • Daftar Komponen dan Cara Membuat Drone Quadcopter.
        Frame Atau Rangka Motor Atau Rotor.
        ESC (Electronic Speed Controls).
        Flight Controller.
        Radio Transmitter dan Receiver.
        Baling-Baling.
        Baterai
        Charger
        Cara Merakit Keseluruhan Komponen
        Kesimpulan dan Rangkuman

Daftar Komponen dan Cara Membuat Drone Quadcopter

Ketika hendak membuat Drone Quadcopter, yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah komponen utamanya, berikut komponen utama Drone Quadcopter:
  1. Frame
  2. Motor 4 buah
  3. Electronic Speed Control (ESC) 4 buah
  4. Flight Control Board
  5. Radio transmitter dan receiver
  6. Baling-baling 4buah (2 searah jarum jam dan 2 berlawanan jarum jam)
  7. Baterai & Charger
Untuk  pembuatan Drone Quadcopter yang akan kita pelajari ini, Penambahan GPS , kamera dan aksesoris lainnya bisa anda sesuaikan dengan budget dan penggunaan drone. 

Frame Atau Rangka



Harga : Gratis s.d Rp . 750,000

Untuk menopang seluruh komponen atau parts yang dibutuhkan oleh sebuah drone, kita membutuhkan sebuah rangka penopang utama , hal terpenting dalam memilih rangka adalah : Bobot, Bahan Dan Ukuran.


Untuk memiliki sebuah frame quadcopter, anda juga bisa membuat frame drone quadcopter sendiri dengan bahan kayu,

Quadcopter memiliki 4 lengan yang menopang 4 buah rotor dan baling-baling, anda harus memastikan ke 4 lengan tersebut memiliki ketebalan, kelebaran dan bobot yang sama, hal ini agar quadcopter yang anda buat memiliki stabilitas yang sangat baik saat digunakan.

Namun, Jika anda tidak mau repot, anda bisa membelinya di toko-toko RC atau quadcopter , contoh frame yang paling banyak digunakan adalah DJI FlameWheel F450, kalian bisa mencarinya melalui google karena banyak sekali yang menjual frame quadcopter tersebut harganya berkisar di angka Rp . 750 ribuan kalau ingin yang lebih murah bisa membeli versi clone atau kw nya.


Motor Atau Rotor


Harga per 4 Buah : Rp. 300,000 s.d Rp. 400,000

Motor berfungsi untuk memutar baling-baling agar quadcopter buatan sendiri bisa terbang dan bermanuver . Banyak sekali jenis-jenis motor yang dijual dipasaran, tapi ada beberapa hal yang wajib kalian perhatikan.


Motor dikelompokan berdasarkan ukuran kilovolt , semakin tinggi kV nya semakin cepat juga motor bisa berputar. Biasanya saat membeli motor khusus quadcopter, jadi sebaiknya anda memperhatikan spesifikasinya seperti : berapa amper ESC yang dibutuhkan dan rekomendasi ukuran baling-baling.

Pada cara membuat drone quadcopter kali ini, drone akan menggunakan motor dengan ukuran 1000 kV,  anda bisa mencarinya dengan mengetikan kalimat “jual brush-less motor 1000kV” di google. maka anda akan mendapatkan banyak orang yang menjual barang tersebut dengan harga mulai dari 300 ribu sampai 400 ribu untuk 4 buah motor.


ESC (Electronic Speed Controls)

 Harga per 4 Buah : Rp. 400,000 s.d Rp. 500,000

ESC atau Electronic Speed Controls merupakan komponen yang kerjanya mengatur kecepatan putaran pada setiap motor. Anda butuh 4 buah ESC yang dihubungkan ke masing-masing 4 buah motor tadi.

Nantinya, ESC ini dihubungkan dengan baterai sebagai sumber tenaga melalui soket atau melalui power distribution board dulu. Tingkat akurasi putaran motor sangatlah penting untuk menjaga stabilitas quadcopter , jadi gunakan ESC yang sesuai dan berkualitas .

Sebagai rekomendasi, gunakan ESC yang terdapat Firmware Simonk didalamnya , Firmware ini mampu merubah refresh rate dari ESC sehingga mampu memberikan instruksi per detik yang lebih banyak dari ESC kepada motor. Untuk mencari ESC yang tepat , gunakan kalimat “Jual ESC Simonk 30A” pada mesin pencari google maka anda akan ditawarkan beragam merek dengan harga mulai dari 400 ribu sampai 500 ribu untuk 4 buah ESC ini.


Flight Controller

Flight Controller

Flight Controller merupakan pusat dari sebuah Quadcopter , didalam board Flight Controller terdapat sensor gyroscope yang bertugas untuk menentukan orientasi gerak dan sensor accelerometer yang membaca kecepatan dan kemiringan dari quadcopter.

Banyak diantara mereka yang merakit quadcopter sendiri menggunakan Flight Controller HobbyKing KK2.0 karena mudah digunakan dan bisa digunakan untuk tricopter dan hexacopter yang memiliki jumlah motor berbeda dengan quadcopter , harganya sekitar 600 ribuan, anda bisa mendapatkannya secara online di situs jual beli online indonesia.


Radio Transmitter dan Receiver

Radio Transmitter dan Receiver

Supaya lebih simpel kita sebut saja Remote Controller . Jika kalian mau menggunakan Flight Controller HobbyKing KK2.0 , minimal kalian harus membeli remote controller yang memiliki 4 channel .

Biasanya untuk mengontrol quadcopter , bisa menggunakan merek Turnigy 9xR , merek ini sangat populer di Indonesia jadi anda tidak akan kesulitan dalam mencari barang ini . Turnigy 9xR ini memiliki 9 channel , jadi anda bisa menggunakan remote ini untuk project lainnya di waktu yang akan datang.


Baling-baling

Baling-baling

Harga per 4 buah : Rp . 60,000 s.d Rp . 80,000

Lebih dikenal dengan nama Propeller, untuk membuat quadcopter buatan anda terbang , propeller yang digunakan adalah 2 pasang sepasang berputar searah jarum jam dan sepasang lagi berputar melawan arah jarum jam atau biasa disebut pusher.


Agar sesuai dengan komponen lain yang dituliskan dalam artikel cara membuat drone quadcopter ini, disarankan menggunakan propeller berukuran 9×4.7.


Baterai

baterai

Harga : Rp . 350,000

Biasanya , quadcopter menggunakan baterai jenis LiPo (lithium polymer) , untuk project pada artikel ini, gunakan baterai LiPo dengan spesifikasi 3000mAh 3S1P 20C. 3000mAh artinya kapasitas baterai, 3S1P artinya 3 cell dipasang secara pararel, dengan tiap cell memiliki 3.7 volt artinya baterai ini voltasenya 11.1 volt. Sedangkan C adalah singkatan dari Capacity , jadi 20 C dengan 3000mAh artinya 20*3000 = 60000mAh = 60 A. 60A adalah arus yang dikeluarkan baterai dalam waktu sesaat.

Semakin besar kapasitas baterai , akan semakin besar juga ukurannya , semakin besar ukuran baterai akan menambah beban yang diterima oleh quadcopter.

Charger

Charger

Harga : Rp . 370,000

Proses pengisian baterai LiPo memiliki proses yang sulit karena charger harus melakukan charge dan discharega pada beberapa cell dalam sebuah baterai LiPo dalam waktu yang bersamaan.


Yang paling populer dan banyak tersedia di pasaran adalah merek IMAX B6 Lipo Balance Charger, karena dipercaya memiliki stabilitas pengisian.

Cara Merakit Keseluruhan Komponen


Biasanya saat membeli komponen2 diatas, kalian akan menerima sebuah manual book yang memberikan informasi kemana ujung A harus dihubungkan dan kemana ujung B harus dihubungkan.

Namun untuk mempermudah kalian dalam merakit semua parts diatas menjadi sebuah quadcopter, ada video yang bisa mewakili cara merakit keseluruhan komponen dalam artikel ini :

Berhubung kabelantena lagi mengurangi link keluar, Silakan copy dan paste URL ini : http://yoalizer.com/29pL

      Share To:

      kabelantena.blog

      View Profile
      Terima kasih sudah berkunjung ke kabelantena, semoga bermanfaat,, aamiin..
      ----------------------------------

      Post A Comment: