Kabelantena - Salah satu update Android yang paling ditunggu di Android 10 adalah Dark Mode atau modus malam. Tidak hanya di Pixel saja,

Begini Cara Mengaktifkan Dark Mode pada Android dan iPhone, Auto Hemat Baterai!
Kabelantena - Salah satu update Android yang paling ditunggu di Android 10 adalah Dark Mode atau modus malam. Tidak hanya di Pixel saja, Dark Theme juga hadir di beberapa perangkat Android.

Sesuai namanya, Dark Mode bakal membuat tema di HP-mu menjadi lebih gelap. Fitur satu ini merupakan fitur bawaan dari update sistem operasi Android 9.0 dan iOS 13.

Nggak cuma Android, Apple juga punya fitur Dark Mode, geng. Bahkan, fitur Dark Mode pada iPhone katanya lebih canggih dari pada di Android.


Manfaat Mengaktifkan Dark Mode

Warna tema HP Android dan iPhone yang didominasi warna putih selama ini sudah melekat di pikiran kamu. Nah, Dark Mode bakalan bikin tampilan HP kamu seperti baru, geng.

Dengan mengaktifkan fitur Dark Mode, tema di HP-mu akan berubah menjadi warna hitam dan tampak lebih keren. Nggak hanya tema, bahkan menu slider, user interface, hingga beberapa aplikasi juga ikut berubah warna.

Selain bikin HP makin cakep, tentunya produsen-produsen HP juga telah memperhitungkan mengenai manfaat yang bisa pengguna rasakan dari fitur ini, dong.

Menurut Google, Dark Mode bisa bikin konsumsi baterai kamu menjadi semakin irit. Hal ini dikarenakan layar ponsel nggak perlu menerangi bagian yang berwarna gelap.

Warna latar yang berwarna hitam bakal meminimalisir kerja HP kamu sehingga kamu bisa menggunakan HP kamu dengan lebih lama.

Fitur Dark Mode bakal sangat efektif digunakan oleh HP-HP yang sudah menggunakan panel layar AMOLED. Panel ini terkenal lebih irit daya, namun lebih terang dari panel IPS.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di HP Android


Terdapat 2 cara yang bisa anda lakukan untuk mengaktifkan Dark Mode di HP-mu. Pilihlah cara yang sesuai dengan kondisi HP-mu saat ini ya, geng.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android 9.0 (Pie)

Cara pertama ini bisa kamu lakukan kalau HP Android kamu sudah menggunakan sistem operasi minimum Android 9.0 atau Android Pie.

Langkah 1 - Buka Menu Settings

    Pada menu utama, buka Settings untuk mengubah setelan HP-mu. Setelah itu, carilah opsi Display dan klik pada opsi tersebut.

Pada layar pengaturan display, carilah opsi Dark Mode, lalu klik opsi tersebut.
 
Langkah 2 - Mengaktifkan Dark Mode
 
Anda bakal menemui 2 opsi Dark Mode. Pilihan Dark Mode bakal mengaktifkan fitur ini secara permanen hingga kamu mematikan lagi setelan ini.

    Sementara, opsi Schedule bakal mengaktifkan Dark Mode sesuai dengan jadwal yang anda buat. anda bisa menyetel Dark Mode hanya menyala ketika malam hari dengan opsi ini.
 
Langkah 3 - Selesai.

Anda telah berhasil mengaktifkan fitur Dark Mode di HP Android.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di HP Android dengan Aplikasi Launcher


Kalau anda ingin mengaktifkan fitur Dark Mode namun HP anda belum memakai sistem operasi Android 9.0, anda tidak perlu khawatir, geng.

Dengan menggunakan aplikasi Launcher, anda tetap bisa mengubah tema HP menjadi gelap. Dalam tutorial ini, Jaka bakal menggunakan aplikasi Nova Launcher.

Langkah 1 - Download dan Install Nova Launcher

Langkah 2 - Mengaktifkan Dark Mode Melalui Nova Launcher

Cara Mengaktifkan Dark Mode di iPhone


Kalau anda adalah seorang pengguna iPhone, anda tidak perlu khawatir bagaimana cara mengaktifkan Dark Mode di iPhone.

Namun, perlu anda ingat bahwa fitur Dark Mode baru bisa anda aktifkan apabila sistem operasi iPhone yang anda miliki sudah di-update menjadi iOS 13 terlebih dahulu.

Langkah 1 - Buka Menu Settings
Pada menu utama iPhone, carilah menu Settings yang memiliki logo roda gigi berwarna abu-abu. Klik menu tersebut. Pilih opsi Display & Brightness yang ada di menu Settings.

Langkah 2 - Mengaktifkan Dark Mode pada iPhone Pilih di antara 2 tema yang tersedia. Kalau anda mau menggunakan Dark Mode, pilih tema Dark.Anda juga bisa menyetel iPhone Anda agar mengganti Dark Mode ke Light Mode dengan mengaktifkan tombol Automatic yang ada di bawah pilihan tema. Pilih jadwal kapan iPhone yang anda miliki akan menggunakan Light Mode dan Dark Mode dengan mengklik Options, lalu pilih Custom Schedule.

Langkah 3 - Selesai
Anda telah berhasil mengetahui cara bagaimana mengaktifkan fitur Dark Mode pada iPhone dengan iOS 13.
Share To:

kabelantena.blog

View Profile
Terima kasih sudah berkunjung ke kabelantena, semoga bermanfaat,, aamiin..
----------------------------------

Post A Comment:

0 comments so far,add yours