Tapi saya dapat menyimpulkan maksud dari berbagai artikel yang saya baca tentang Cara Membangun Link Berkualitas Yang Natural Untuk Meningkatkan Peringkat Blog ini, ada juga yang memberikan larangan jangan melakukan beberapa point di bawah ini.

Cara Membangun Link Berkualitas Yang Natural Untuk Meningkatkan Peringkat Blog
Kabelantena - Backlink menjadi pelajaran terberat bagi mereka yang sedang berusaha mendalami atau berusaha untuk mendapatkan backlink. Saya bilang berat karena, terjadi banyak sekali artikel yang saya temui, mereka sama-sama memberikan informasi tentang backlink, tapi kenapa harus berbeda?.

Ada yang memberi cara sambil menakut-nakuti juga, dengan ditambahi pake dampak negatif dan positif, blackhat dan white hat tanpa menjelaskan apa itu black hat dan white hat. 

Tapi saya dapat menyimpulkan maksud dari berbagai artikel yang saya baca tentang Cara Membangun Link Berkualitas Yang Natural Untuk Meningkatkan Peringkat Blog ini, ada juga yang memberikan larangan jangan melakukan beberapa point di bawah ini.

Private blog network

Apa itu PBN? 
PBN (Private Blog Networks) bisa kita artikan blog buatan kita sendiri yang memang dibuat khusus untuk membuat backlink, yang saling terhubung satu sama lainnya. ada juga yang mengartikan sekumpulan blog yang sengaja diciptakan dari expired domain yang memiliki niche tertentu untuk keperluan backlinking dan SEO. 

Private Blog Networks dapat menjadi senjata yang ampuh dalam SEO, selain itu kita mempunyai control yang penuh terhadap sumber backlink ini. Dalam membuat blog network kita harus memperhitungkan budget dan waktu yang akan diperlukan untuk mengurus PBN ini, jangan sampe malah kelamaan mengurus PBN daripada moneysite.

PBN Biasanya terdiri dari high PR domain yang memiliki IPs yang berbeda. Kita bisa mengarahkannya ke money site atau bahkan ke backlink lain untuk keperluan indexing. PBN biasanya lebih mengandalkan kekuatan dari domain yang sudah ber page rank dan telah mempunyai backlink sebelumnya. 

Karena untuk memelihara PBN ini juga membutuhkan waktu dan pekerjaan yang tidak sedikit. Untuk itu dalam membangun PBN ada beberapa criteria khusus seperti minimal page rank 4 (supaya kalo drop tidak terlalu jauh atau ada jeda ke page rank 0), domain masih memiliki backlink dan lain sebagainya.

Di era Penguin 2.1, private blog network juga berisiko dimana PBN dapat lebih mudah ditemukan oleh Google dan dapat menyebabkan penalty. Untuk itu setelah era Penguin banyak para praktisi SEO yang menggunakan blog network untuk indexing backlink dan memberikan power untuk backlink yang lebih berkualitas.

Yang perlu diketahui adalah PBN tidak termasuk dalam teknik White Hat SEO, melainkan Gray Hat Method. itu sebabnya para Expert SEO tidak menyarankan newbie menggunakan teknik ini kalau tidak dilakukan dengan benar. ada beberapa step yang mendasar dalam membangun PBN, Antara Lain :

1# Mencari dan menganalisa expired Domain
Mencari expired domain untuk PBN bisa dibilang susah” gampang. Ada banyak jenis expired domain yg bisa kita analisa mulai dari Pre-Release domain (auction domain), closeout dan offer domain, pending delete ataupun delete domain. Namun untuk menemukannya tetap membutuhkan tools, beberapa tools yang sering digunakan dalam menemukan expired domain :
  • Expireddomains.net
  • freshdrop.com
  • DomCop.com
  • Moonsy.com/expired_domains
  • PrDrop.info
Yang berbayar seperti :
  • Godaddy Aucions and marketplace
  • DomainPeel.com (Broker Domain PBN)
2# Kriteria Domain Untuk PBN 
Hal pertama yang saya perhatikan adalah nama domain. nama domain sebaiknya menggunakan brand name yang mencerminkan niche dari domain tersebut. hal ini sekilas memang tidak terlalu penting namun bisa jadi pondasi yang kuat saat terjadi Manual Review dari google terhadap PBN yang akan dibuat nanti.

Pertama Perhatikan domain dengan topical trust flow yang sama,, atau primary topical trust flow nya sesuai dengan niche money site Anda. bagian ini sangat berguna agar nanti kita mendapatkan power dari relevant niche website yang menuju kedalam moneysite kita.

Kalau dilihat dari gambar diatas, rata-rata topic nya sama yaitu di topic computer. Atau bisa dilihat primary-nya yang berada dipaling depan.

Selanjutnya Anda bisa cek untuk Google index dan Google info, hanya untuk memastikan data dari domcop benar. Biasanya untuk bagian expiring domain ini data dari domcop sudah valid , kecuali untuk bagian delete domain atau drop domain.

Google index = pastikan domain masih diindex, root domain berada dipaling atas
Google info = pastikan nama domain sama dengan yang delisting di google.

Cek backlink profile. Anda bisa menggunakan account free dari majestic.com atau Anda bisa gunakan fitur dari domcop. Namun hasilnya tidak selengkap jika Anda menggunakan majestic atau ahref. Tapi tidak jadi masalah, karena kita hanya akan menganalisa secara kasar backlink yang masuk kedalam domain tersebut.

Redirect 301

Menggunakan 301 Redirect bisa menjadi keputusan yang terbaik jika kamu mempunyai sebuah domain / situs / blog baru. Pertimbangkan artikel ini untuk mengetahui apa itu 301 redirect dan bagaimana menggunakannya?

301 adalah jenis redirect dimana dapat digunakan disebuah blog lama dan mengarahkan trafik yang datang dari blog menuju URL yang sudah ditentukan / blog baru, itulah redirect. Untuk melakukan ini adalah hal yang mudah. Namun, apa tujuan kamu melakukan 301 redirect?

Katakanlah misalnya kamu membuat situs / blog baru. Kamu menginginkan trafik dari blog lama kamu diarahkan menuju blog baru kamu. Bukan hanya trafik yang kita arahkan, tapi juga Link Juice dari domain lama diarahkan pada domain baru. Link Juice?

Link Juice adalah Backlink yang diberikan oleh blog lain kepada sebuah artikel di blog kita yang membuat artikel tersebut mendapat rangking 1 di Search Result sebuah Search Engine. Tentu kita tidak ingin kehilangan posisi SERP tinggi menjadi hancur sia-sia karena penggantian sebuah domain pada situs itu. Inilah alasan melakukan 301 Redirect.

Untuk menjawab pertanyaan spesifik apa itu 301 redirect, adalah permanen redirect yang melakukan semua pengalihan dari domain yang lama ke domain baru, bahkan Backlink dari domain lama otomatis diarahkan pada domain baru. Berbeda dengan 307 Redirect, ini hanya mengalihkan dalam sementara waktu.

Jadi, 301 lebih baik digunakan jika kamu benar-benar ingin mengganti nama domain atau mengalihkan seluruh akses dari situs lama ke situs yang baru. 301 juga mengarahkan Backlink ke domain baru secara otomatis. Sedangkan 307, berguna jika situs / blog kamu sedang mengalami Maintenance, maka trafik diarahkan terlebih dahulu pada sebuah halaman sampai proses Maintenance selesai.

Teknis 301 redirect bermacam - macam antara lain :

Server apache .htaccess satu halaman doang, pake htaccess file gak support buat hostingan yg pake platform windows, bikin satu file dan letakkan pada root directory blog anda beri nama .htaccess, masukkan kode dibawah :

" Redirect 301 /old/oldpage.htm /new/http://www.domain.com/newpage.ht "

Server apache .htaccess canonical redirect, akan meredirect semua input pembaca yang semula gak pake www jadi pake www, contoh dari http://imanblogtips.blogspot.com  ke http://www.imanblogs.com
" Options +FollowSymlinks
RewriteEngine on
rewritecond %{http_host} ^domain.com [nc]
rewriterule ^(.*)$ http://www.domain.com/$1 [r=301,nc]"


PHP redirect satu halaman, buat redirect satu halaman statis
<?php
header("HTTP/1.1 301 Moved Permanently");
header("Location: http://www.newdomain.com/page.html");
exit();
?>

PHP redirect canonical, biasanya buat nambahin ato ngilangin www pada semua halaman blog anda.
<?php
if (substr($_SERVER['HTTP_HOST'],0,3) != 'www') {
header('HTTP/1.1 301 Moved Permanently');
header('Location: http://www.'.$_SERVER['HTTP_HOST']
.$_SERVER['REQUEST_URI']);
}
?>

ASP redirect buat yg pake ASP platform
<%
Response.Status="301 Moved Permanently"
Response.AddHeader='Location','http://www.new-url.com/'
%>


ASP canonical redirect
<%
If InStr(Request.ServerVariables("SERVER_NAME"),"www") = 0 Then
Response.Status="301 Moved Permanently"
Response.AddHeader "Location","http://www."
& Request.ServerVariables("HTTP_HOST")
& Request.ServerVariables("SCRIPT_NAME")
End if
%>


Direct link atau pengalihan situs hanya bisa digunakan untuk mengalihkan satu domain ke domani baru. bukan untuk mengalihkan trafik begitulah keterangannya. sebaiknya jangan lakukan direct link jika akun google adsense anda ingin selamat wal afiat.
 

Guest blog secara massal di website berkualitas rendah

Sebuah website atau blog dengan pagerank yang tinggi biasanya akan memperoleh posisi yang tinggi di SERP google daripada website / blog dengan pagerank rendah. Setiap postingannya pasti akan langsung terindeks di SERP google sehingga kemungkinan traffic yang masuk jumlahnya akan besar. Maka dari itu,apabila kita sering berkomentar di website atau blog dengan pagerank tinggi yang sudah tentu memilik traffic yang tinggi pula kemungkinan untuk mendapatkan backlink juga sangat besar.

Banyak cara digunakan Search Engine terutama google dalam menentukan kualitas / rangking sebuah halaman web atau blog. Mulai dari penggunaan Meta tag, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan.

Link Popularity adalah sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain ( Meta Keywords, Meta Description ) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma Pagerank ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keluar) dari setiap halaman web.

PageRank memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan jumlah inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan dianggap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Submit artikel ke direktori & Press Release

3 Alasan yang mendasari para penyedia jasa Press Release untuk menawarkan jasanya kepada para pemiliki website adalah sebagai berikut :

1# Artikel banyak di Copy oleh Para Pemilik Website/ Blog/Web Blog lain

Artikel yang telah terbit di website Press Release, akan sering di copy oleh website atau blog milik orang lain diluar sana. Jadi jika ada blogger yang menggunakan autoblog dan masih menghargai credit link, maka sebuah backlink yang sudah agan tancapkan di website Press Release,akhirnya akan ikut tertanam juga di website atau blog tukang copas tersebut.

2# Artikel Press Release selalu Tersindikasi dan Tersebar Ke Seluruh Dunia dengan baik

Ini adalah yang sebenernya menjadi para penyedia layanan jasa SEO untuk menggunakan Press Release! Jadi sebenernya Press Release itu adalah situs yang isinya Berita Promosi. Dan apabila ada sebuah artikel press release yang baru, maka web-web PR lainnya akan ikut menerbitkan berita/artikel tersebut. Bahasa lainnya adalah  “tersindikasi” dengan sendirinya.

Dan jika itu berita promosi yang bagus dan banyak yang ikut menerbitkan, Artikel Press Release anda akan bisa menembus ke google News yang akan menjadikan peringkat website Anda melesat naik ke atas! Jadi ane tegaskan lagi kalo backlink dari artikel  Press Release itu bakalan terus bertambah gan.

3# Artikel Press Release Memiliki Page Rank Yang Tinggi

Tahu Donk Page Rank Tinggi Yang Memiliki Peluang Membagikan Backlinknya Ke Website Kita Yang Masih Ber Page Rank Rendah Bagaimana Dampaknya, Di luar negeri tuh begitu, website  yang baru launching,atau Perusahaan Online, apabila baru launching,promosi yang pertama mereka lakukan adalah menerbitkan artikel PR atau Craiglist ( Iklan Baris )

Web 2.0 yang hanya berisi 1-2 post

Web 2.0 merupakan istilah yang diberikan untuk menggambarkan generasi kedua dari World Wide Web yang difokuskan pada kemampuan orang untuk berkolaborasi dan berbagi informasi secara online.

Web 2.0 pada dasarnya mengacu pada transisi dari halaman web statis HTML ke web lebih dinamis yang lebih terorganisir dan didasarkan pada melayani aplikasi Web untuk pengguna.fungsi yang disempurnakan lain dari Web 2.0 termasuk komunikasi terbuka dengan penekanan pada masyarakat berbasis Web pengguna, lebih terbuka dan berbagi informasi. Seiring waktu Web 2.0 telah digunakan lebih sebagai istilah pemasaran dari istilah komputer berbasis ilmu pengetahuan.

Membeli backlink (menggunakan jasa backlink)

Keuntungan menggunakan jasa backlink salah satu yaitu bisa nangkring di halaman pertama. Tapi resiko terburuk yang diterima bisa-bisa terjungkal dan hilang dari peredaran Google. Apakah Anda mau dengan menggunakan penyedia jasa backlink yang katanya ahli SEO tapi blog atau website Anda terjun bebas? Sebaiknya Anda wajib membaca ini sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk menggunakan jasa penyedia backlink.

Penanaman backlink dalam jumlah yang banyak misalnya dengan membeli 10.000 backlink ini bisa dicurigai oleh Google. Tidak mungkin blog atau website dalam waktu sekejap bisa memiliki backlink dalam jumlah yang banyak. Kalau seperti ini siap-siap saja blog website kita dianggap SPAM, sanksi Google pun sudah menanti didepan mata.

Linkwheel, pyramid, dan tiered link

Cara membangun atau membuat backlink salah satunya menggunakan cara tier link atau backlink yang dibuat secara tier/per-level. teknik ini memanfaatkan jumlah backlink yang lebih banyak di tier/ level yang paling bawah. Umumnya semakin kebawah level backlink teknik yang dilakukan akan menggunakan teknik spam atau memanfaatkan jumlah link yang banyak tanpa peduli lagi soal kualitas backlink.

Perlu kalian pahami bahwa teknik spam walaupun kalian lakukan di tier paling bawah sekalipun akan menyebabkan efek yang kurang baik untuk backlink level diatasnya. sehingga potensi broken tier mungkin saya akan terjadi disini. Dengan adanya broken tier di level -1 atau di tier -1 maka ratusan bahkan ribuan backlink yang sudah kalian buat di tier 2 atau tier 3 tidak akan sampai kedalam target site (dalam hal ini money site).

Spam di forum dan komentar blog

Sebagai pengalaman pribadi, saya pun membuktikan bahwa komentar spam memang (maaf) "menjijikkan". Sebagai surfer internet, saya sering bertandang ke blog-blog lain. Ketika selesai membaca, saya biasa scroll ke bawah untuk melihat komentar-komentar dan melihat kalau-kalau ada diskusi lanjutan yang menarik. Sayangnya, di beberapa artikel blog, saya sering menemui banyak spam, dan biasanya jika sudah terlanjur banyak, saya mengurungkan niat untuk memberikan komentar.

Share To:

kabelantena.blog

View Profile
Terima kasih sudah berkunjung ke kabelantena, semoga bermanfaat,, aamiin..
----------------------------------

Post A Comment:

0 comments so far,add yours