Untuk membuat artikel pada website berbasis joomla (dalam hal ini joomla versi 2.x.x), ada beberapa urutan yang harus diperhatikan jika kita pertama kali menginstall joomla, yaitu cara untuk membuat artikel pada joomla pertama yang harus kita siapkan adalah kategori, dengan kita membuat kategori terlebih dahulu kita menentukan jenis dari artikel yang ada apa saja. Hal ini juga dimaksudkan agar waktu kita menulis artikel, kita tidak mondar mandir ke menu kategori untuk membuat kategori terlebih dahulu.
Misalkan kita akan membuat artikel tentang cara membuat menu pada joomla, dan artikel jenis adalah jenis tutorial joomla, sedangkan dalam website kita akan kita isi dengan tutorial yang lainnya, maka kita buat kategori tutorial joomla dulu, baru kita membuat artikelnya.
Berikut langkah-langkahnya :

Login ke administrator joomla kita pada url http://domainjoomla/administrator/ , lalu setelah masuk ke cpanel admin, kita pilih Category Manager.
Pada Category manager, terdapat menu-menu untuk mengatur kategori, seperti New, Edit, Publish, Unpublish dan lainnya. Untuk membuat baru maka kita pilih New.
 

Lalu pada Title, kita ketikan jenis kategorinya, alias url, kita isikan sama saja, Parent kita biarkan saja, kecuali kalau Kategori ini merupakan subkategori. misalkan tutorial joomla ini adalah subkategori dari kategori Tutorial, maka kita buat kategori Tutorial terlebih dahulu, baru kita membuat Tutorial Joomla lalau pada parent kita pilih Tutorial. Untuk Acces kita pilih Public jika kategori yang mau kita buat akan kita Publish ke semua pengunjung, kalau kita mau hanya user yang terdaftar saja maka kita pilih Register atau Special.


 Kalau sudah lalu kita pilih menu di samping kanan atas. Save, Save & Close, atau Save & New. lalu kita menuju ke Article Manager. Kita isi judul dan pilih kategorinya Tutorial Joomla. Untuk mengatur tampilan article kita bisa mengaturnya melalui menu-menu disamping kanan seperti Publishing Options, Article Options, dan lain sebagainya. seperti biasa kita simpan dengan memilih Save.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat.

Share To:

Unknown

View Profile
Terima kasih sudah berkunjung ke kabelantena, semoga bermanfaat,, aamiin..
----------------------------------

Post A Comment: