Cara Bertanam Jahe
Cara Bertanam Jahe - Jahe merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan, Sekarang pun kita banyak menemui jenis minuman dengan sebutan jahe susu, juga dalam campuran jamu juga jahe menjadi salah satu unsur ramuan,hal itu berarti bahwa jahe banyak diperlukan oleh orang yang memperhatikan kesehatan tubuhnya. Pada bagian akarnya dapat diolah untuk dimanfaatkan hampir pada semua jenis industri, disamping itu juga ternyata jahe bermanfaat dalam dunia kecantikan. 
Dengan demikian, hampir bisa dipastikan pangsa pasar jahe akan selalu ramai dimana nilai ekonominya dipastikan tinggi serta menjanjikan jika dijadikan ladang usaha. Tertarik menanam jahe? Berikut langkah-langkahnya menanam jahe:
Bahan-bahan dalam cara menanam jahe:
Bahan yang diperlukan dalam menanam jahe sebagai berikut:
  • Untuk yang berlahan sempit, cara menanam jahe bisa dilakukan dengan menggunakan plastik polybag berukuran 5 kg sebanyak yang Anda perlukan.
  • Siapkan tanah subur berhumus secukupnya.
  • Sediakan Pupuk organik/kandang,
  • Sekam,.

Langkah-langkah
Jika semua bahan-bahan sudah siap, saatnya kita memulai proses menanam jahe. Adapun cara menanam jahe, langkah demi langkah, sebagai berikut:
  • Pertama, bahan seperti tanah berhumus, sekam dan juga pupuk kandang dicampur dengan perbandingannya 3 banding 1 yaitu jika Anda menggunakan 3 ember tanah, maka campurannya adalah 1 ember pupuk kandang dan 1 ember sekam.
  • Siapkan bibit jahe yang hendak Anda gunakan untuk proses menanam jahe ini. Ambil bibit jahe kemudian disimpan pada tempat  lembab dan tertutup.
  • Setelah tumbuh tunas, ambil bibit jahe tadi lalu mulailah memotongnya menjadi bibit kecil. Per bibit usahakan ada 2 tunas. kemudian, rendam bibit di dalam larutan agrimicin 0,1% selama kurang lebih 8 jam. kemudian angkat dan keringkan.
  • Langkah selanjutnya, mulailah memasukkan tanah yang sudah dicampur pupuk kandang dan sekam ke dalam plastik polybag. Isi hingga memenuhi ¾ kantong. Kemudian selipkan jahenya.
  • Biasanya jahe akan tumbuh sesudah 3 bulan. pada minggu pertama menanam bibit, jangan lupa untuk terus menyiram polybag dengan air agar bibit menyatu dengan medium tanah.
  • Jika jahe sudah mulai tumbuh, lakukan proses pemeliharaan standar seperti pemupukan. Gunakan campuran urea dan KCl saat jahe berusia 1 bulan. Perbandingannyannya 3:4. Per polybag mendapat 1 sendok teh. Saat jahe memasuki umur 3 bulan, kurangi takaran menjadi ½ sendok teh per polybag.
  • Cara menanam jahe selanjutnya yaitu proses pemeliharaan preventif dan represif pada hama yang menjadi penyakit. Gunakan pestisida dan perhatikan sistem drainase. Jangan sampai air menggenang dan menjadkan rimpang jahe busuk.
  • Terakhir adalah proses pemanenan. Umumnya di usia 8 bulan, jahe sudah bisa dipanen.
Demikian Langkah-langkah Cara Bertanam Jahe , semoga bermanfaat.
Share To:

kabelantena.blog

View Profile
Terima kasih sudah berkunjung ke kabelantena, semoga bermanfaat,, aamiin..
----------------------------------

Post A Comment: