Ikan arwana merupakan salah satu dari 10 Jenis Ikan Hias Paling Populer Di Indonesia. Ada  6 Hal Yang Perlu Di Perhatikan Ketika Merawat Ikan Arwana Di Akuarium, Memang Ikan arwana ini bisa cukup baik hidup dalam akuarium, tentu akuarium tersebut harus layak untuk ditempati ikan arwana tersebut.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar akuarium yang kita siapkan tergolong layak untuk ditempati ikan arwana:
1. Akuarium Serta Perlengkapan Yang Mencukupinya.
Layak tidaknya akuarium menjadi tempat untuk ikan arwana, sangat di pengaruhi oleh kelengkapan fasilitas pendukungnya.
  • Aerator, manfaat aerator atau pompa hawa yaitu menyuplai hawa ke didalam air akuarium sekalian menguapkan atau mendorong hasil sisa-sisa pernapasan ke luar dari akuarium. aerator dikatakan baik, bila arus listrik yang menggerakkannya kecil, namun hawa yang ditiupkannya relatif banyak.
  • Heater serta Thermometer, alat pemanas ( heater ) ini dibutuhkan pada saat suhu air akuarium turun dengan mencolok. namun alat pengontrol suhu air termometer juga dipasang didalam akuarium. di tempat dingin, heater serta termometer ini amat diperlukan.
  • Filter, manfaat filter atau penyaring air didalam akuarium. filter ini berperan untuk menyedot air akuarium, menyaring serta mengembalikannya lagi ke didalam akuarium didalam situasi bersih.
  • Lampu TL, keberadaan lampu tl, tak hanya menyinarkan sinar, juga untuk mempercantik tampilan akuarium. walau demikian, cahaya lampu tl justru bisa menyebabkan panas yang melebihi keperluan. idealnya untuk akuarium seluas 80 kali 40 cm membutuhkan lampu tl berdaya 20 watt.
2. Pemberian Makanan yang cocok keperluan Ikan arwana.
Makanan kesukaan ikan arwana di dalam akuarium yaitu kelabang. Meskipun demikian, Ikan arwana jangan terus-menerus diberi kelabang. baiknya divariasikan dengan makanan lain. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian makan Ikan arwana :
  • Pemberian makanan arwana bisa berupa jangkrik, kelabang, super worm (ulat jerman), udang  air tawar, ikan kecil permukaan, cicak, katak atau buatan.
  • Pemberian pakan ikan arwana disesuaikan dengan ukuran ikan arwana. Arwana ukuran 12-20 cm bisa diberikan jangkrik 4-5 ekor dan seterusnya.
  • Pemberian makanan sebaiknya di kombinasikan, jangan setiap hari kelabang saja tapi ganti  dengan yang lain sesuai kebutuhan.
  • Pemberian makanan arwana jangan berlebih sebab bisa mengakibatkan ikan kehilangan  nafsu makan, mogok makan atau stress.
  • Potong kaki jangkrik bagian belakang sebelum dijadikan pakan ke ikan arwana. Begitu pula dengan pakan ikan arwana yang lain selalu buang bagian tubuh yang tajam sebelum diberikan  ke ikan arwana.
  • Pemberian pakan arwana sedikit tapi sering sangat dianjurkan sebab dengan demikian  arwana selalu mempunyai nafsu makan.
3. Pengontrolan serta penggantian air.
Setiap hari anda harus mengontrol suhu serta ph air. Keseluruhan penggantian air dikerjakan tiap-tiap 3 bln. sekali. bila anda menggunakan air pam, baiknya dilewatkan 24 jam terlebih dulu supaya kandungan khlor mengendap serta sesudah itu arwana baru dimasukan kedalam akuarium. Lebih jelasnya berikut hal-hal yang perlu diperhatikan :

  • Cek kebersihan media filter, meliputi tapas, biofoam, zeolit, karbon aktif.
  • Ganti air ¼ dengan air baru yg telah diendapkan dan di aerasi atau pemberian gelembung.
  • Buang kotoran ikan atau feces dari akuarium.
  • Buang sisa pakan ikan yg tidak termakan dari akuarium.
  • Lakukan pengecekan secara berkala suhu air akuarium dengan suhu air di tempat  penampungan.
  • Berikan aerasi atau gelembung udara yg cukup pada tempat penampungan air.
  • Selalu bersihkan kaca akuarium sehingga tidak berkerak dan berlumut.
  • Periksa secara berkala semua peralatan akuarium apakah masih dapat berfungsi dengan baik  (filter, aerator, selang aerasi, power head, heater, lampu akuarium dll).
  • Perbedaan suhu air akuarium dengan air penampungan jangan terlalu jauh melebihi 1°C  sebab bisa menyebabkan ikan arwana sakit atau stress.
  • Masukkan air pengganti ke akuarium secara perlahan jangan terlalu deras sebab bisa  menyebabkan ikan stress.

4. Penataan interior akuarium.
kehidupan didalam akuarium adalah tiruan lingkungan hidup di alam bebas. oleh dikarenakan itu, butuh penataan interior didalam akuarium. perihal ini bermakna menuntut apresiasi estetika, hingga perpaduan pada keindahan akuarium dengan anggunnya ikan arwana sanggup menampilkan nuansa yang serasi.

5. Tanaman air.
Perilaku ikan arwana yang senang bersembunyi dibawah tanaman air, maka ada baiknya kalau kita sediakan tanaman air. ada sebagian type tanaman air yang bisa dipilih diantaranya : vallisneria spiralis, hidrilla verticillata, riccia fluiutana, higrophila polisperma, pistia stratiotes, najas indica.

6. Pasir batuan.
Pasir dipakai sebagai landasan peletakan batuan. baiknya anda menggunakan pasir sungai, yang tetap bercampur dengan humus. selain itu, anda juga butuh berikan batuan serta karang-karangan. ukuran batu yang ideal berdiameter 3 mm. batuan tersebut mempunyai beragam corak serta warna yang bermacam dan indah dilihat.

Semoga bermanfaat.


Share To:

kabelantena.blog

View Profile
Terima kasih sudah berkunjung ke kabelantena, semoga bermanfaat,, aamiin..
----------------------------------

Post A Comment: