Banyak sekali bangunan di dunia ini yang dibuat dengan desain yang menawan, seperti halnya Candi Borobudur yang termasuk dalam keajaiban dunia. Biasanya kalau kita membicarakan kehebatan sebuah jembatan, kemungkinan yang terpikirkan oleh kita adalah panjang jembatan tersebut, ya kan? Kali ini agak sedikit berbeda, karena kita akan membahas tentang tinggi jembatan.


Banyak sekali bangunan di dunia ini yang dibuat dengan desain yang menawan, seperti halnya Candi Borobudur yang termasuk dalam keajaiban dunia. Biasanya kalau kita membicarakan kehebatan sebuah jembatan, kemungkinan yang terpikirkan oleh kita adalah panjang jembatan tersebut, ya kan? Kali ini agak sedikit berbeda, karena kita akan membahas tentang tinggi jembatan.


Pilar yang ada di jembatan berfungsi untuk menopang struktur setiap jembatan agar jembatan tetap kuat menahan bebannya. Semakin tinggi suatu jembatan biasanya semakin tidak stabil, oleh karena itu dibutuhkan struktur dan terapan teknologi yang canggih agar si jembatan bertahan lama.

Berikut adalah 10 Jembatan Tertinggi Di Dunia seperti yang dikutip dari kaskus.co.id. Tinggi bangunan di sini adalah jarak dari puncak vertikal maximum jembatan sampai titik terbawahnya yang terlihat.

10# Jembatan Jiujang Fuyin – Jiujiang, Tiongkok

Wow, Ini Dia 10 Jembatan Paling Tinggi Di Dunia

Tinggi jembatan adalah 244,3 meter dan panjangnya 818 meter. Jembatan Jiujiang Fuyin juga disebut jembatan Jiujiang II, adalah jembatan yang membentang sungai Yangtze antara Huangmei, Huanggang di Propinsi Hubei dengan Jiujiang di Propinsi Jiangxi. Di jembatan ini, ada 6 jalur jalan Tol G70 Fuzhou–Yinchuan. Awal konstruksi pada tanggal 27 September 2009 dan selesai pada 28 Oktober 2013.

9#  Jembatan Zhongxian Huyu – Huangshi, Tiongkok

Wow, Ini Dia 10 Jembatan Paling Tinggi Di Dunia

Tinggi jembatan adalah 274,5 meter. Jembatan Zhongxian Huyu adalah jembatan yang membentang sungai Yangtze di Zhong, Chongqing, Tiongkok. Selesai dibangun pada tahun 2010. Dilalui oleh jalan Tol G50 Shanghai–Chongqing.

Dengan bentang utamanya sepanjang 460 meter, membuat jembatan Zhongxian Huyu menjadi salah satu jembatan kabel pancang terpanjang di dunia. Jembatan ini dibangun 134 meter di atas sungai aslinya. Namun, waduk yang dihasilkan oleh pembangkit listrik Three Gorges Dam membuat tinggi air bertambah dan jarak bebas jembatan pun berkurang hingga 84 meter saat ketinggian mencapai puncaknya.

8# Jembatan Great Belt East – Slagelse, Denmark

Wow, Ini Dia 10 Jembatan Paling Tinggi Di Dunia

Tingginya adalah 254 meter. Jembatan Great Belt East (nama aslinya: Østbroen) merupakan jembatan suspensi yang menghubungkan Halsskov and Sprogø. Dibangun tahun 1991 hingga 1998 dengan anggaran US$ 950 Juta (atau sekitar Rp. 46.371.651.183.200,00). Dengan bentang sepanjang 1.624 meter, sehingga jembatan ini merupakan jembatan dengan bentangan suspensi terpanjang urutan ke 3 di dunia, dibawah Jembatan Akashi Kaikyo dan Jembatan Xihoumen.

Jembatan Great Belt East ini sebenarnya direncanakan untuk selesai tepat waktu agar menjadi jembatan terpanjang di dunia, namun pada akhirnya ditunda dan dikalahkan. Jarak bebas untuk kapal adalah 65 meter, yang artinya, kapal pesiar terbesar di dunia, yaitu kapal pesiar kelas Oasis, masih bisa lewat dibawah jembatan. Kedua tiang utamanya adalah titik tertinggi di Denmark (untuk bangunan solid, bukan tower sutet ), yaitu 254 meter di atas permukaan laut.

7# Jembatan Jingyue – Jingzhou, Tiongkok

Wow, Ini Dia 10 Jembatan Paling Tinggi Di Dunia

Tinggi bangunan adalah 265 meter dan Bentang Terpanjang adalah 816 meter. Jembatan Jingyue adalah jembatan kabel pancang yang menyeberangi sungai Yangtze antara Jianli, Propinsi Hubei dengan Yueyang, Propinsi Hunan. Jembatan ini diresmikan pada bulan Juni tahun 2010. Jembatan ini juga merupakan salah satu dari 10 jembatan kabel pancang terbesar di dunia. Beberapa bulan setelah diresmikan, dikenakan tarif bagi pengendara yang melewati jembatan ini.


6# Jembatan Yi Sun-sin – Yeosu, Korea Selatan

Wow, Ini Dia 10 Jembatan Paling Tinggi Di Dunia

Tingginya mencapai 270 meter. Jembatan Yi Sun-sin merupakan jembatan suspensi yang terletak di pesisir selatan Korea Selatan. Jembatan in merupakan jembatan suspensi ke-4 terpanjang di dunia, dengan bentang utama sepanjang 1.545 m sejak diresmikan pada tahun 2012. Yi Sun-sin adalah nama laksamana Korea yang lahir pada 1545, dan merupakan orang pertama yang membuat kapal perang lapis baja yang disebut kapal kura-kira (Turtle Ship), dan mempertahankan negaranya dari angkatan laut Jepang pada masa Dinasti Joseon.

Jembatan ini didesain oleh Yooshin corporation dan dibangun oleh Daelim Industrial Company. Jembatan ini pernah menjadi finalis di Outstanding Structure Award (semacam penghargaan untuk insinyur, arsitek, kontraktor, dan owner untuk bangunan yang paling keren, inovatif, dan kreatif) pada tahun 2013.

5# Jembatan Stonecutters – Hong Kong

Wow, Ini Dia 10 Jembatan Paling Tinggi Di Dunia

Tinggi bangunan adalah 298 meter dan Bentang Terpanjang mencapai 1.018 meter. Jembatan Stonecutters adalah jembatan yang membentang kanal Rambler di Hong Kong, yang menghubungkan Nam Wan Kok, Pulau Tsing Yi dan Pulau Stonecutters. Dek jembatannya selesai dibangun pada 7 April 2009, semenjak itu jembatan ini menjadi jembatan dengan kabel pancang terpanjang ke-2 di dunia. Dibuka untuk lalu lintas pada 20 Desember 2009.

Pembangunan dimulai pada 27 April 2004 dengan kerjasama oleh Maeda–Hitachi–Yokogawa–Hsin Chong dengan anggaran HK$2.76 Milliar. Karena tantangan dan kesulitan yang ekstrim dalam membangun jembatan Stonecutters ini, proyek pembangunannya ditayangkan di Discovery Channel dalam acara Extreme Engineering pada 1 November 2006 dan 27 April 2009. Jembatan Stonecutters memenangkan 10 penghargaan tertinggi dalam acara tahunan Structural Award, yang dipersembahkan oleh Institution of Structural Engineers, Inggris.

4# Jembatan Akashi Kaikyo – Kobe, Jepang

Wow, Ini Dia 10 Jembatan Paling Tinggi Di Dunia

Tinggi bangunan adalah 298,3 meter. Jembatan Akashi Kaikyo, atau disebut juga Jembatan Mutiara adalah jembatan yang menghubungkan kota Kobe di daratan Honshu dengan Iwaya di Pulau Awaji, di Jepang. Sejak selesai di tahun 1998, jembatan ini menjadi jembatan dengan bentang tengah terpanjang di antara jembatan suspensi lain di dunia, yaitu sepanjang 1.991 meter.

Aslinya, jarak kedua menara jembatan ini adalah 1.990 meter, namun gempa Hanshin pada 17 Januari 1995 menambah jarak itu sepanjang 1 meter, sehingga bentangannya menjadi 1.991 meter. Kedua menara tersebut menjulang 282 meter di atas permukaan laut, dan jembatan dapat memuai karena panas hingga sepanjang 2 meter dalam satu hari.

3# Jembatan Sutong – Changshu, Tiongkok

Wow, Ini Dia 10 Jembatan Paling Tinggi Di Dunia

Jembatan Sutong adalah jembatan yang membentang sungai Yangtze di Tiongkok antara Nantong dan Changshu, kota satelit Suzhou, Propinsi Jiangshu. Kedua menara tingginya 306 meter, dan menempati urutan ke-3 jembatan tertinggi di dunia.

Mulai konstruksi pada Juni 2003 dan disambung pada Juni 2007. Dibuka untuk lalu lintas pada 25 Mei 2008, namun peresmiannya dilakukan pada 30 Juni 2008. Biaya yang dikeluarkan diperkirakan US$ 1,7 Milliar. Dengan selesainya jembatan ini, perjalanan antara Shanghai dan Nantong dapat dipersingkat, yang sebelumnya 4 jam dengan naik very, menjadi 1 jam. Bentuk Y terbalik dengan sebuah galang penghubung di kaki menaranya berfungsi untuk memperkuat struktur beton.


2# Jembatan Russky – Vladivostok, Rusia

Wow, Ini Dia 10 Jembatan Paling Tinggi Di Dunia

Tinggi bangunan adalah 320,9 meter dan Bentang Terpanjang adalah 1.104 meter. Jembatan Russky adalah jembatan yang menyeberangi teluk Bosphorus Timur, yang dipakai untuk menyediakan sarana transportasi bagi pertemuan Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Vladivostok pada tahun 2012.

Jembatan ini selesai dibangun pada bulan Juli 2012 dan diresmikan oleh Perdana Mentri Rusia Dmitry Medvedev pada 3 September 2012. Jembatan Russky adalah jembatan kabel pancang terpanjang di dunia. Jembatan ini juga memiliki tiang ke-2 tertinggi di dunia.

1# Jembatan Millau Viaduct

Wow, Ini Dia 10 Jembatan Paling Tinggi Di Dunia

Jembatan Millau Viaduct ( le Viaduc de Millau ) adalah jembatan kabel pancang yang membentang lembah River Tarn di dekat Millau di Perancis selatan. Didesain oleh insinyur bangunan asal Perancis, Michel Virlogeux dan arsitek Inggris Norman Foster, jembatan ini adalah jembatan tertinggi di dunia dengan puncak tiang 343 meter dari dasar.

Jembatan ini juga merupakan jembatan dengan dek tertinggi urutan 12 di dunia, dengan 270 meter antara dek jalan dengan tanah di bawahnya. Biaya konstruksi diperkirakan €400 Juta. Diresmikan pada 14 Desember 2004 dan dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004. Jembatan ini telah di-ranking sebagai salah satu prestasi teknik sepanjang masa. Pada 2006 jembatan ini menerima penghargaan Outstanding Structure oleh International Association for Bridge and Structural Engineering (IABSE).

Tiangnya dibangun dengan semen performa tinggi LAFARGE. Sedangkan menaranya, yang merupakan komponen tertinggi, diproduksi dan dipasang oleh Perusahaan Konstruksi PEACH dari Polandia.

Sumber : 
http://www.kaskus.co.id/post/54f8ce0cc3cb17f7078b4568#post54f8ce0cc3cb17f7078b4568
Share To:

kabelantena.blog

View Profile
Terima kasih sudah berkunjung ke kabelantena, semoga bermanfaat,, aamiin..
----------------------------------

Post A Comment: